VISITASI PENILAIAN KINERJA SEKOLAH

TIM IT Spensabo- Telah dilaksanakan kegiatan Visitasi Penilaian Kinerja Sekolah pada hari Rabu, 11 Oktober 2023 di SMPN 1 Girisubo. Visitasi Penilaian Kinerja Sekolah merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data tentang kualitas pekerjaan kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya.

Kepala Sekolah sebagai pimpinan tertingi di dalam suatu sekolah mempunyai tugas yang kompleks dan sangat menentukan maju mundurnya suatu sekolah. Adapun standar minimal prosedur tugas Kepala Sekolah dapat digolongkan menjadi tujuh pokok sebagai berikut :

1.      Kepala Sekolah Sebagai Pendidik (Edukator).

2.      Kepala Sekolah Sebagai Manajer.

3.      Kepala Sekolah Sebagai Administrator.

4.      Kepala Sekolah Sebagai Supervisor (Penyelia).

5.      Kepala Sekolah Sebagai Leader (Pemimpin).

6.      Kepala Sekolah Sebagai Inovator.

7.      Kepala Sekolah sebagai Motivator.

Tujuan dari diadakannya Visitasi Penilaian Kinerja Sekolah ini salah satunya adalah untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dan supervisi pada sekolah yang dipimpin. 

 

Aspek Visitasi Penilaian Kinerja Sekolah diantaranya komitmen terhadap tugas, pelaksanaan tugas, dan hasil kerja. Adapun kompetensi yang dinilai hanya terfokus pada bidang manajerial, bidang kewirausahaan dan bidang supervisi guru dan tenaga kependidikan. Kegiatan Visitasi Penilaian Kinerja Sekolah  tahun ini dilakukan  oleh pengawas dari Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Gunungkidul, Bapak Achmah Jamil, M.Pd. dan Ibu Amanah Yuniastuti, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan Visitasi Penilaian Kinerja Sekolah dimulai dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB. Kegiatan ini diawali oleh penyambutan kepala SMPN 1 Girisubo Bapak Wahono Budi Rustanto, S.Pd dilanjutkan oleh TIM penilai. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan inti, tim penilai satu per satu aspek yang menjadi poin penting dalam penilaian.  Kegiatan ini berjalan cukup lancar. Harapan kami dari Kelaurga Besar SMP Negeri 1 Girisubo Visitasi Penilaian Kinerja Sekolah ini bisa menambah kualitas sekolah dan memberikan hasil yang terbaik.



Kegiatan

Berita

Pengunjung

Flag Counter

Copyright © 2019 Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Gunungkidul